Friday, May 30, 2014

TUGAS 1



Tema              : Teknologi Informatika
Judul        : Implementasi Yahoo Messenger Mobile Client dengan Menggunakan J2ME
Karya              : Febrian Setiadi
Sumber          : www.4skripsi.com


BAB 1 PENDAHULUAN

1.1 Latar Belakang
Instant Messaging adalah salah satu teknologi yang berkembang dari Internet. Instant Messaging sudah menjadi pilihan berkomunikasi yang paling populer diantara jutaan orang di dunia untuk berkomunikasi dengan keluarga, relasi dan mitra bisnis. Teknologi ini memungkinkan komunikasi yang real-time, yang kini sudah menjadi kebutuhan fungsional dalam aplikasi bisnis [MAN06].

Yahoo Messenger adalah sebuah aplikasi chatting yang banyak
digunakan para pengguna Internet. Tools yang memfasilitasi aplikasi Yahoo Messenger sudah banyak dikembangkan di berbagai device selain PC. Informasi tentang protokol Yahoo Messenger sudah terdapat di Internet dan library untuk pengembangan aplikasi Yahoo Messenger client sudah dapat diunduh [JYM06].

1.2 Rumusan Masalah
1. Bagaimana kebutuhan mobile client Yahoo Messenger dengan keterbatasan sebuah
perangkat mobile.
2. Pengembangan aplikasi Instant Messaging Yahoo Messenger di perangkat mobile
dengan memodifikasi library Java Yahoo Messenger untuk J2SE.

1.3 Tujuan

1. Memahami konsep Instant Messaging secara umum.
2. Memahami protokol dan fungsi-fungsi dasar dari Yahoo Messenger.
3. Memodifikasi library Yahoo Messenger yang berjalan di J2SE untuk implementasi.
4. Membuat aplikasi mobile client Yahoo Messenger dengan menggunakan library yang sudah dimodifikasi dengan fungsionalitas standar sebuah client Yahoo Messenger, seperti presence serta mengirim dan menerima pesan.
 5. Menguji aplikasi yang sudah dikembangkan di beberapa perangkat mobile.

1.4 Batasan Masalah
1. Aplikasi yang akan dibuat adalah sebuah Instant Messaging client yang menggunakan
Protokol Yahoo.
2. Aplikasi akan dibangun berdasarkan library Yahoo Messenger yang sudah ada, sehingga batasan-batasan library tersebut menjadi batasan aplikasi pula.
3. Protokol Yahoo Messenger yang digunakan mengacu kepada kompatibilitas library
           dengan protokol Yahoo.
4. Batasan mobile client adalah sebuah aplikasi Instant Messaging Yahoo Messenger yangberjalan di mobile device menggunakan teknologi J2ME MIDP 2.0 dan CLDC 1.1.

1.5 Metodologi
1.    Studi Literatur
2.    Analisis
3.    Perancangan
4.    Implementasi
5.    Pengujian





BAB II
DASAR TEORI

2.1.1 Pengertian J2ME
Java 2 Micro Edition (J2ME) merupakan varian teknologi java yang digunakan untuk
pengembangan aplikasi pada suatu perangkat yang memiliki keterbatasan sumberdaya dibandingkan dengan komputer seperti handphone dan PDA. Oleh karena keterbatasan itu maka Application Programming Interface (API) dan kemampuan virtual machine J2ME pun dibuat seringkas mungkin disesuaikan dengan kemampuan perangkat yang digunakan.

2.1.2 CLDC 1.1 dan MIDP 2.0
J2ME memiliki istilah konfigurasi yang disebut Connected Limited Device Configuration (CLDC). Konfigurasi menggambarkan kemampuan yang dimiliki suatu perangkat dimana CLDC merupakan konfigurasi yang memang diperuntukkan untuk perangkat keras yang memiliki sumberdaya terbatas. CLDC merupakan kombinasi dari virtual machine dan API. Virtual machine pada CLDC disebut K Virtual Machine (KVM).

2.1.3 Komponen J2ME
J2ME memiliki banyak kelas yang digunakan untuk membuat aplikasi pada mobile phone. Kelas-kelas tersebut tersebut digunakan untuk membuat tampilan layar, menu, grafik pada game, dan sebagainya. Berikut ini dijelaskan beberapa kelas yang akan digunakan dalam pengembangan aplikasi Yahoo Messenger mobile client.

2.1.3.1        Display
2.1.3.2        Displayable
2.1.3.3        Screen
2.1.3.4        Canvas
2.1.3.5        Graphics
2.1.3.6        Font
2.1.3.7        Command
2.1.3.8        Alert
2.1.3.9        Form
2.1.3.10     List
2.1.3.11     Textbox
2.1.3.12     Image
2.1.3.13     Stream
2.1.3.14     Socket


2.2 Yahoo Messenger
Penjelasan Yahoo Messenger meliputi protokol Yahoo Messenger, struktur paket data Yahoo Messenger dan daftar layanan dan status yang digunakan dalam protokol Yahoo Messenger.

2.2.1            Protokol Yahoo Messenger
Sebuah aplikasi Yahoo Messenger client yang terhubung ke Yahoo Messenger server akan diberikan sebuah session id yang akan digunakan dalam pertukaran data selanjutnya hingga aplikasi client tersebut meminta service logout dari server.

2.2.2             Struktur Paket Data Yahoo Messenger
2.2.3             Mekanisme Login ke Yahoo Server


2.3 Yahoo Messenger Library
Library yang digunakan untuk menangani protokol Yahoo Messenger adalah JYMSG versi 0.61 yang dirilis oleh S.E.Morris pada tahun 2005 di http://jymsg9.sourceforge.net/. API ini menyediakan suatu cara bagi aplikasi yang dibuat dengan java untuk tersambung dan menggunakan protokol Yahoo Messenger.

2.3.1             Kelas - kelas Utama
2.3.2             Batasan Library







BAB III
ANALISIS DAN PERANCANGAN

3.1 Arsitektur Perangkat Lunak
Perangkat lunak yang akan dibangun berfungsi sebagai sebuah client Yahoo Messenger yang berada pada lingkungan mobile. Sebuah client Yahoo Messenger akan terhubung ke server Yahoo agar dapat menggunakan layanan Instant Messaging Yahoo, sama seperti client yang lain.

3.2       Analisis Kebutuhan Perangkat Lunak

3.2.1         Kebutuhan Fungsional
3.2.2         Kebutuhan Non-Fungsional

3.3       Analisis Yahoo Messenger Client untuk Lingkungan Mobile

3.3.1         Deskripsi Global dan Aspek Umum
3.3.2         Penyesuaian Library dan Service

3.3.2.1         Penyesuaian Library
3.3.2.2         Penyesuaian Service

3.3.3         Diagram Use Case dan Skenario

3.3.3.1         Diagram Use Case

3.3.4         Diagram Kelas Analisis
3.3.5         Diagram Sequence
3.3.6         Kelas Tahap Perancangan



3.4         Mekanisme Komunikasi dengan Yahoo Server

3.4.1           Proses Login
3.4.2           Proses kirim dan terima pesan
3.4.3           Proses Logout


3.5         Perancangan Antarmuka

3.5.1           Masukan User
3.5.2           Antarmuka Login Screen
3.5.3           Antarmuka Signing Screen
3.5.4           Antarmuka Contact Screen
3.5.5           Antarmuka Message Screen

3.6         Batasan Perangkat Lunak

BAB IV
IMPLEMENTASI DAN PENGUJIAN

4.1 Implementasi
Bagian ini akan memuat penjelasan mengenai batasan implementasi, lingkungan perangkat keras dan perangkat lunak, serta implementasi yang dilakukan berdasarkan hasil pada tahap perancangan.

4.1.1 Lingkungan Pengembangan
Aplikasi ini dikembangkan menggunakan sistem operasi Windows XP Professional
Service Pack 2 (5.1 Build 2600).

4.1.2 Batasan Implementasi
1.    Hanya diimplementasikan pada profile MIDP 2.0 dan CLDC 1.1
2.    Compatible dengan semua mobile phone merk SonyEricsson dengan Java
Platform Versi 7.
3.    Antarmuka aplikasi client tampil optimal pada mobile phone merk SonyEricsson dengan layar berukuran 176x220 pixels.
4.    Bebreapa fungsional utama tertentu, sangat tergantung pada availability dan
kualitas koneksi internet dengan GPRS yang ada pada perangkat, fungsional ini mencakup penambahan dan penghapusan contact.

4.1.3 Proses dan Hasil Implementasi
            4.1.3.1 Implementasi Kelas
            4.1.3.2 Implementasi Antarmuka
            4.1.3.3 Pemaketan

4.2 Pengujian
Pengujian dilakukan pada dua lingkungan yang berbeda yaitu yang pertama dilakukan menggunakan emulator pada komputer desktop dengan jaringan kabel dan yang kedua dilakukan pada telepon seluler dengan jaringan nirkabel.



            4.2.1 Rencana Pengujian
4.2.2 Prosedur Pengujian
4.2.3 Kasus Pengujian
4.2.4 Pengujian Aplikasi Terkait Penggunaan resource dan
Kualitas Jaringan
4.2.5 Analisis Hasil Pengujian

BAB V
KESIMPULAN DAN SARAN

5.1         Kesimpulan
1.    Ketersediaan fasilitas socket TCP/IP pada platform J2ME memungkinkan diimplementasikannya protokol Yahoo pada pembuatan aplikasi Yahoo Messenger Mobile Client.
2.    Implementasi Yahoo Messenger Mobile Client telah berhasil dilaksanakan, dengan beberapa keterbatasan dan hambatan antara lain:
a.    Agar dapat menggunakan aplikasi ini, sebuah mobile phone harus mendukung profile MIDP 2.0 dan CLDC 1.1. Juga, dibutuhkan java heap size yang besar sehingga aplikasi dapat digunakan dengan nyaman dan tidak ada masalah memori karena ukuran Java heap size yang terbatas.
b.    Protokol Yahoo Messenger adalah sebuah proprietary protocol, perubahan protokol ini memang tidak begitu signifikan dari waktu ke waktu, sehingga client versi lama pun masih bisa terhubung dan menggunakan layanan Instant Messaging Yahoo. Namun, akan ada masalah kompatibilitas protokol lama dan protokol yang baru, sehingga mungkin, pada suatu masa tertentu ketika Yahoo merombak protokolnya, aplikasi ini menjadi tidak kompatibel, kecuali ada perubahan pada library yang menjadi acuan pengembangan aplikasi ini.
c.    Ketersediaan dan kualitas layanan internet nirkabel dengan menggunakan GPRS atau 3G sangat mempengaruhi kualitas layanan Instant Messaging Yahoo.
d.    Keterbatasan emulator dan fasilitas lingkungan pengembangan untuk platform J2ME menyebabkan sulitnya melakukan proses debugging.


5.2 Saran
a. Saran untuk pengembang teknologi J2ME
·         Hindari algoritma yang membutuhkan resource besar seperti rekursif.
·         Hindari alokasi dan dealokasi objek berulang-ulang.
·         Gunakan multi threading untuk implementasi yang menggunakan koneksi stream (seperti koneksi socket, file, dan sebagainya).
·         Rancang antarmuka aplikasi sesederhana mungkin namun tetap mendukung fungsionalitas aplikasi.
·         Usahakan ukuran aplikasi yang tidak terlalu besar.
·         Gunakan variabel lokal dan lebih menggunakan array yang ukurannya telah didefinisikan sebelumnya, dari pada menggunakan vektor.

b. Saran untuk pengembang aplikasi Yahoo Messenger Mobile Client
·         Perlu adanya API generik untuk Instant Messaging, khususnya Yahoo. Mungkin API yahoo untuk J2ME bisa dikembangkan setelah pembuatan
aplikasi ini.
·         Fitur yang diimplementasikan sebaiknya mengikuti perkembangan dari perangkat mobile, misalnya, karena koneksi yang semakin cepat dan murah, bisa dipertimbangkan push-to-talk dan video conference selain kirim terima file dan atau image.



DAFTAR PUSTAKA

Mantra Group. (2005). Instant Messaging in the Consumer and Enterprise
Market Whitepaper. http://www.mantragroup.com.
YMSG Java API. (2006). Yahoo Instant Messenger Support for Java.
http://jymsg9.www.sourceforge.net.
Venky (2006). Unofficial Documentation of Yahoo Messenger Protocol.
http://www.venkydude.com.
Yahoo Coders Cookbook (2007). All things related to Yahoo Messenger.
http://ycoderscookbook.com.
Osbourn, James (2003) . Advanced Features in Java Applications for Mobile
Information Devices. Riverpoint Group.

Komentar Mengenai Skripsi
Menurut saya, skripsi yang berjudul Implementasi Yahoo Messenger Mobile Client dengan Menggunakan J2ME ini cukup bagus. Penulis cukup jeli melihat aplikasi Java yang mampu di jalankan di berbagai platform sebagai topic dari pembuatan skripsinya. Penulisan skripsi ini cukup jelas dan mudah dipahami mulai dari pengenalan, pembahasan sampai dengan perancangan.



Ulasan Ide Skripsi Berdasarkan Sumber Yang Ada :
1.    Mantra Group. (2005). Instant Messaging in the Consumer and Enterpris Market Whitepaper. http://www.mantragroup.com.

Diunduh pada hari/tanggal/waktu : Senin, 3 Maret 2014 Pk. 17.20 WIB.

Sumber ini berisi pembahasan mengenai instant messaging yang merupakan dasar dalam pembuatan aplikasi dari skripsi si penulis.

2.    YMSG Java API. (2006). Yahoo Instant Messenger Support for Java.
http://jymsg9.sourceforge.net/

Diunduh pada hari/tanggal/waktu : Senin, 3 Maret 2014 Pk. 17.20 WIB.

Sumber ini berisi bagaimana API menyediakan cara agar aplikasi Java dapat terhubung dan digunakan dengan Yahoo Messenger.

3.    Venky (2006). Unofficial Documentation of Yahoo Messenger Protocol. http://www.venkydude.com.

Diunduh pada hari/tanggal/waktu : Senin, 3 Maret 2014 Pk. 17.20 WIB.

Sumber ini berisi pembahasan mengenai protocol yang digunakan Yahoo Messenger.

4.    Yahoo Coders Cookbook (2007). All things related to Yahoo Messenger.
http://web.archive.org/web/20060703183801/www.ycoderscookbook.com/

Diunduh pada hari/tanggal/waktu : Senin, 3 Maret 2014 Pk. 17.20 WIB.

Sumber ini berisi informasi mengenai source code dari Yahoo Messenger.

5.    Osborn, James (2003) . Advanced Features in Java Applications for Mobile
Information Devices. Riverpoint Group.

Diunduh pada hari/tanggal/waktu : Senin, 3 Maret 2014 Pk. 17.20 WIB.
Link download : http://www.softwaresummit.com/2003/speakers/OsbournAdvancedFeatures.pdf


Sumber buku ini berisi mengenai apa saja keuntungan dari aplikasi Java untuk perangkat mobile.

No comments:

Post a Comment