Tema : Teknologi Informatika
Judul :
Implementasi Yahoo Messenger Mobile
Client dengan Menggunakan J2ME
Karya : Febrian Setiadi
Sumber : www.4skripsi.com
BAB 1 PENDAHULUAN
1.1 Latar Belakang
Instant Messaging adalah salah
satu teknologi yang berkembang dari Internet. Instant Messaging sudah
menjadi pilihan berkomunikasi yang paling populer diantara jutaan orang di dunia
untuk berkomunikasi dengan keluarga, relasi dan mitra bisnis. Teknologi ini memungkinkan
komunikasi yang real-time, yang kini sudah menjadi kebutuhan fungsional
dalam aplikasi bisnis [MAN06].
Yahoo Messenger adalah sebuah aplikasi chatting yang banyak
digunakan para pengguna Internet. Tools yang memfasilitasi aplikasi
Yahoo Messenger sudah banyak dikembangkan di berbagai device selain PC.
Informasi tentang protokol Yahoo Messenger sudah terdapat di Internet dan
library untuk pengembangan aplikasi Yahoo Messenger client sudah
dapat diunduh [JYM06].
1.2 Rumusan Masalah
1. Bagaimana kebutuhan mobile client Yahoo Messenger dengan
keterbatasan sebuah
perangkat mobile.
2. Pengembangan aplikasi Instant Messaging Yahoo Messenger
di perangkat mobile
dengan memodifikasi library Java Yahoo Messenger untuk J2SE.
1.3 Tujuan
1. Memahami konsep Instant Messaging secara umum.
2. Memahami protokol dan fungsi-fungsi dasar dari Yahoo Messenger.
3. Memodifikasi library Yahoo Messenger yang berjalan di
J2SE untuk implementasi.
4. Membuat aplikasi mobile client Yahoo Messenger dengan
menggunakan library yang sudah dimodifikasi dengan fungsionalitas
standar sebuah client Yahoo Messenger, seperti presence serta
mengirim dan menerima pesan.
5. Menguji aplikasi yang
sudah dikembangkan di beberapa perangkat mobile.
1.4 Batasan Masalah
1. Aplikasi yang akan dibuat adalah sebuah Instant Messaging
client yang menggunakan
Protokol Yahoo.
2. Aplikasi akan dibangun berdasarkan library Yahoo
Messenger yang sudah ada, sehingga batasan-batasan library tersebut
menjadi batasan aplikasi pula.
3. Protokol Yahoo Messenger yang digunakan mengacu kepada
kompatibilitas library
dengan protokol
Yahoo.
4. Batasan mobile client adalah sebuah aplikasi Instant
Messaging Yahoo Messenger yangberjalan di mobile device menggunakan
teknologi J2ME MIDP 2.0 dan CLDC 1.1.
1.5 Metodologi
1. Studi Literatur
2. Analisis
3. Perancangan
4. Implementasi
5. Pengujian
BAB II
DASAR TEORI
2.1.1 Pengertian J2ME
Java 2 Micro Edition (J2ME)
merupakan varian teknologi java yang digunakan untuk
pengembangan aplikasi pada suatu perangkat yang memiliki
keterbatasan sumberdaya dibandingkan dengan komputer seperti handphone
dan PDA. Oleh karena keterbatasan itu maka Application Programming Interface
(API) dan kemampuan virtual machine J2ME pun dibuat seringkas mungkin
disesuaikan dengan kemampuan perangkat yang digunakan.
2.1.2 CLDC 1.1 dan MIDP 2.0
J2ME memiliki istilah konfigurasi yang disebut Connected
Limited Device Configuration (CLDC). Konfigurasi menggambarkan kemampuan
yang dimiliki suatu perangkat dimana CLDC merupakan konfigurasi yang memang
diperuntukkan untuk perangkat keras yang memiliki sumberdaya terbatas. CLDC
merupakan kombinasi dari virtual machine dan API. Virtual machine
pada CLDC disebut K Virtual Machine (KVM).
2.1.3 Komponen J2ME
J2ME memiliki banyak kelas yang digunakan untuk membuat aplikasi
pada mobile phone. Kelas-kelas tersebut tersebut digunakan untuk membuat
tampilan layar, menu, grafik pada game, dan sebagainya. Berikut ini
dijelaskan beberapa kelas yang akan digunakan dalam pengembangan aplikasi Yahoo
Messenger mobile client.
2.1.3.1
Display
2.1.3.2
Displayable
2.1.3.3
Screen
2.1.3.4
Canvas
2.1.3.5
Graphics
2.1.3.6
Font
2.1.3.7
Command
2.1.3.8
Alert
2.1.3.9
Form
2.1.3.10
List
2.1.3.11
Textbox
2.1.3.12
Image
2.1.3.13
Stream
2.1.3.14
Socket
2.2 Yahoo Messenger
Penjelasan Yahoo Messenger meliputi protokol Yahoo Messenger,
struktur paket data Yahoo Messenger dan daftar layanan dan status yang
digunakan dalam protokol Yahoo Messenger.
2.2.1
Protokol
Yahoo Messenger
Sebuah
aplikasi Yahoo Messenger client yang terhubung ke Yahoo Messenger
server akan diberikan sebuah session id yang akan digunakan dalam
pertukaran data selanjutnya hingga aplikasi client tersebut meminta
service logout dari server.
2.2.2
Struktur Paket Data Yahoo Messenger
2.2.3
Mekanisme Login ke Yahoo Server
2.3 Yahoo Messenger Library
Library yang digunakan untuk menangani protokol Yahoo Messenger
adalah JYMSG versi 0.61 yang dirilis oleh S.E.Morris pada tahun 2005 di http://jymsg9.sourceforge.net/. API ini
menyediakan suatu cara bagi aplikasi yang dibuat dengan java untuk tersambung
dan menggunakan protokol Yahoo Messenger.
2.3.1
Kelas - kelas Utama
2.3.2
Batasan Library
BAB III
ANALISIS DAN PERANCANGAN
3.1
Arsitektur Perangkat Lunak
Perangkat lunak yang akan
dibangun berfungsi sebagai sebuah client Yahoo Messenger yang berada
pada lingkungan mobile. Sebuah client Yahoo Messenger akan
terhubung ke server Yahoo agar dapat menggunakan layanan Instant
Messaging Yahoo, sama seperti client yang lain.
3.2 Analisis
Kebutuhan Perangkat Lunak
3.2.1
Kebutuhan
Fungsional
3.2.2
Kebutuhan
Non-Fungsional
3.3 Analisis
Yahoo Messenger Client untuk Lingkungan Mobile
3.3.1
Deskripsi
Global dan Aspek Umum
3.3.2
Penyesuaian
Library dan Service
3.3.2.1
Penyesuaian
Library
3.3.2.2
Penyesuaian
Service
3.3.3
Diagram
Use Case dan Skenario
3.3.3.1
Diagram
Use Case
3.3.4
Diagram
Kelas Analisis
3.3.5
Diagram
Sequence
3.3.6
Kelas
Tahap Perancangan
3.4
Mekanisme
Komunikasi dengan Yahoo Server
3.4.1
Proses
Login
3.4.2
Proses
kirim dan terima pesan
3.4.3
Proses
Logout
3.5
Perancangan
Antarmuka
3.5.1
Masukan
User
3.5.2
Antarmuka
Login Screen
3.5.3
Antarmuka
Signing Screen
3.5.4
Antarmuka
Contact Screen
3.5.5
Antarmuka
Message Screen
3.6
Batasan
Perangkat Lunak
BAB IV
IMPLEMENTASI
DAN PENGUJIAN
4.1
Implementasi
Bagian ini akan memuat penjelasan
mengenai batasan implementasi, lingkungan perangkat keras dan perangkat lunak,
serta implementasi yang dilakukan berdasarkan hasil pada tahap perancangan.
4.1.1 Lingkungan Pengembangan
Aplikasi ini dikembangkan menggunakan
sistem operasi Windows XP Professional
Service Pack 2 (5.1 Build 2600).
4.1.2 Batasan Implementasi
1.
Hanya diimplementasikan pada profile MIDP 2.0 dan CLDC 1.1
2.
Compatible dengan semua mobile phone merk SonyEricsson dengan Java
Platform
Versi 7.
3.
Antarmuka aplikasi client tampil optimal pada mobile phone merk
SonyEricsson dengan layar berukuran 176x220 pixels.
4.
Bebreapa fungsional utama tertentu, sangat tergantung pada availability
dan
kualitas
koneksi internet dengan GPRS yang ada pada perangkat, fungsional ini mencakup
penambahan dan penghapusan contact.
4.1.3 Proses dan Hasil Implementasi
4.1.3.1
Implementasi Kelas
4.1.3.2
Implementasi Antarmuka
4.1.3.3 Pemaketan
4.2 Pengujian
Pengujian dilakukan pada
dua lingkungan yang berbeda yaitu yang pertama dilakukan menggunakan emulator
pada komputer desktop dengan jaringan kabel dan yang kedua dilakukan pada
telepon seluler dengan jaringan nirkabel.
4.2.1 Rencana Pengujian
4.2.2
Prosedur Pengujian
4.2.3
Kasus Pengujian
4.2.4
Pengujian Aplikasi Terkait Penggunaan resource dan
Kualitas
Jaringan
4.2.5
Analisis Hasil Pengujian
BAB V
KESIMPULAN DAN SARAN
5.1
Kesimpulan
1.
Ketersediaan fasilitas socket TCP/IP pada platform J2ME
memungkinkan diimplementasikannya protokol Yahoo pada pembuatan aplikasi Yahoo
Messenger Mobile Client.
2.
Implementasi Yahoo Messenger Mobile Client telah berhasil dilaksanakan,
dengan beberapa keterbatasan dan hambatan antara lain:
a.
Agar dapat menggunakan aplikasi ini, sebuah mobile phone harus mendukung
profile MIDP 2.0 dan CLDC 1.1. Juga, dibutuhkan java heap size yang besar
sehingga aplikasi dapat digunakan dengan nyaman dan tidak ada masalah memori
karena ukuran Java heap size yang terbatas.
b.
Protokol Yahoo Messenger adalah sebuah proprietary protocol, perubahan
protokol ini memang tidak begitu signifikan dari waktu ke waktu, sehingga
client versi lama pun masih bisa terhubung dan menggunakan layanan Instant
Messaging Yahoo. Namun, akan ada masalah kompatibilitas protokol lama dan
protokol yang baru, sehingga mungkin, pada suatu masa tertentu ketika Yahoo
merombak protokolnya, aplikasi ini menjadi tidak kompatibel, kecuali ada
perubahan pada library yang menjadi acuan pengembangan aplikasi ini.
c.
Ketersediaan dan kualitas layanan internet nirkabel dengan menggunakan
GPRS atau 3G sangat mempengaruhi kualitas layanan Instant Messaging Yahoo.
d.
Keterbatasan emulator dan fasilitas lingkungan pengembangan untuk
platform J2ME menyebabkan sulitnya melakukan proses debugging.
5.2 Saran
a. Saran untuk pengembang teknologi J2ME
·
Hindari algoritma yang membutuhkan resource besar seperti
rekursif.
·
Hindari alokasi dan dealokasi objek berulang-ulang.
·
Gunakan multi threading untuk implementasi yang menggunakan koneksi
stream (seperti koneksi socket, file, dan sebagainya).
·
Rancang antarmuka aplikasi sesederhana mungkin namun tetap mendukung
fungsionalitas aplikasi.
·
Usahakan ukuran aplikasi yang tidak terlalu besar.
·
Gunakan variabel lokal dan lebih menggunakan array yang ukurannya telah
didefinisikan sebelumnya, dari pada menggunakan vektor.
b. Saran untuk pengembang aplikasi
Yahoo Messenger Mobile Client
·
Perlu adanya API generik untuk Instant
Messaging, khususnya Yahoo. Mungkin API yahoo untuk J2ME bisa dikembangkan
setelah pembuatan
aplikasi ini.
·
Fitur yang diimplementasikan sebaiknya
mengikuti perkembangan dari perangkat mobile, misalnya, karena koneksi yang
semakin cepat dan murah, bisa dipertimbangkan push-to-talk dan video conference
selain kirim terima file dan atau image.
DAFTAR PUSTAKA
Mantra Group. (2005). Instant
Messaging in the Consumer and Enterprise
Market Whitepaper.
http://www.mantragroup.com.
YMSG Java API. (2006). Yahoo Instant
Messenger Support for Java.
http://jymsg9.www.sourceforge.net.
Venky (2006). Unofficial
Documentation of Yahoo Messenger Protocol.
http://www.venkydude.com.
Yahoo Coders Cookbook (2007). All
things related to Yahoo Messenger.
http://ycoderscookbook.com.
Osbourn, James (2003) .
Advanced Features in Java Applications for Mobile
Information Devices. Riverpoint
Group.
Komentar
Mengenai Skripsi
Menurut
saya, skripsi yang berjudul Implementasi Yahoo Messenger
Mobile Client dengan Menggunakan J2ME
ini cukup bagus. Penulis cukup jeli
melihat aplikasi Java yang mampu di jalankan di berbagai platform sebagai topic
dari pembuatan skripsinya. Penulisan skripsi ini cukup jelas dan mudah dipahami
mulai dari pengenalan, pembahasan sampai dengan perancangan.
Ulasan
Ide Skripsi Berdasarkan Sumber Yang Ada :
1. Mantra
Group. (2005). Instant Messaging in the Consumer and Enterpris Market
Whitepaper. http://www.mantragroup.com.
Diunduh pada
hari/tanggal/waktu : Senin, 3 Maret 2014 Pk. 17.20 WIB.
Sumber ini berisi pembahasan mengenai instant messaging yang merupakan dasar dalam pembuatan aplikasi
dari skripsi si penulis.
2. YMSG
Java API. (2006). Yahoo Instant Messenger Support for Java.
http://jymsg9.sourceforge.net/
Diunduh pada
hari/tanggal/waktu : Senin, 3 Maret 2014 Pk. 17.20 WIB.
Sumber ini berisi bagaimana API menyediakan cara agar aplikasi Java
dapat terhubung dan digunakan dengan Yahoo Messenger.
3. Venky
(2006). Unofficial Documentation of Yahoo Messenger Protocol. http://www.venkydude.com.
Diunduh pada
hari/tanggal/waktu : Senin, 3 Maret 2014 Pk. 17.20 WIB.
Sumber ini berisi pembahasan mengenai protocol yang digunakan Yahoo
Messenger.
4. Yahoo
Coders Cookbook (2007). All things related to Yahoo Messenger.
http://web.archive.org/web/20060703183801/www.ycoderscookbook.com/
Diunduh pada
hari/tanggal/waktu : Senin, 3 Maret 2014 Pk. 17.20 WIB.
Sumber ini berisi informasi mengenai source code dari Yahoo Messenger.
5.
Osborn, James (2003) . Advanced Features in Java Applications for
Mobile
Information
Devices. Riverpoint Group.
Diunduh pada
hari/tanggal/waktu : Senin, 3 Maret 2014 Pk. 17.20 WIB.
Link download : http://www.softwaresummit.com/2003/speakers/OsbournAdvancedFeatures.pdf
Sumber buku ini berisi mengenai apa saja keuntungan dari aplikasi Java untuk
perangkat mobile.
No comments:
Post a Comment